HASIL PEROLEHAN SUARA PEMILU LEGISLATIF 2014

Partai Nasdem (6,72%), PKB (9,04%), PKS(6,79%), PDIP(18,95%), Golkar (14,75%), Gerindra (11,81%), Demokrat (10,19%), PAN (7,59%), PPP (6,53%), Hanura (5,26%), PBB (1,46%), PKPI (0,91%)!


widgeo.net

Kamis, 09 Mei 2013

NasDem Pertimbangkan Ubah Nomor Urut Caleg

nasdemnunukan.blogspot.com - Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat, Patrice Rio Capella mengatakan partainya bisa merombak susunan daftar calon legislatif yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum. "Perubahan bisa saja dari nomor urut atau orangnya," kata dia saat dihubungi Tempo, Kamis, 9 Mei 2013..

Menurut Rio, perubahan nomor urut bisa disebabkan permintaan dari caleg yang diusung partai. Bisa juga karena ada penyesuaian setelah perubahan dan pelengkapan berkas dari para caleg. "Selama perbaikan dan pelengkapan berkas, bisa saja ada caleg yang mundur," ujarnya.

Saat ini, sudah ada satu caleg yang menyatakan mundur dari Partai Nasdem karena terdaftar juga di partai lain. Tapi Rio tak mau menyebutkan nama caleg itu. Dia hanya memastikan jika caleg yang bersangkutan sudah menyatakan mundur dari daftar caleg. "Kami akan isi kekosongan ini dengan caleg baru."

Selama proses pelengkapan berkas, kata Rio, tak tertutup peluang adanya caleg yang mundur karena tak bisa memenuhi syarat KPU. Karena itu, sampai batas akhir masa perbaikan bisa saja terjadi penyesuaian nomor urut. "Yang tak melengkapi berkas sampai
hari akhir pasti diganti," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum pekan lalu mengumumkan, dari 504 caleg yang diajukan NasDem, hanya 7 orang yang memenuhi syarat administrasi. Sebanyak 497 lainnya tak memenuhi syarat. Partai diberi kesempatan hingga 22 Mei mendatang untuk melengkapi berkas administrasi yang dibutuhkan.

Ihwal perubahan nomor urut menurut Rio tak akan berdampak signifikan pada para caleg. Alasannya, saat penyerahan berkas caleg ke KPU April lalu, memang banyak caleg yang belum mencantumkan nomor urut. Sejauh ini penentuan nomor urut atas di Partai Nasdem dilakukan partai berdasarkan beberapa pertimbangan.

Nomor urut atas biasanya diberikan pada kader dan fungsionaris partai yang berkomitmen tinggi mengembangkan partai. Selain itu, partai juga meletakkan publik figur yang memiliki basis massa kuat. Tujuannya untuk lebih memudahkan pengenalan partai yang baru pertama ikut pemilu ini kepada publik. Dia mencontohkan, di daerah pemilihan Bandung dan Cimahi, Nasdem meletakkan mantan atlet bulutangkis Riki Subagja pada nomor urut satu.
Sumber:  tempo.co - Kamis, 09 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar